Nurdin Halid: Saya Tidak Akan Mundur

Jakarta - Kegagalan timnas Indonesia tak membuat Ketua Umum PSSI Nurdin Halid tergerak. Nurdin dengan tegasnya menyatakan tidak akan mundur dari jabatannya dan meninggalkan PSSI.

Kekalahan atas Oman dengan skor 1-2 membuat Indonesia gagal lolos ke putaran final Piala Asia 2011. Jelas ini menjadi kekecewaan besar buat pencinta sepakbola tanah air mengingat Pasukan Merah Putih masih minus prestasi di ajang internasional dan Piala Asia sudah jadi turnamen yang selalu kita ikuti sejak 1996.

PSSI sebagai otoritas sepakbola di tanah air jelas menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas semua kegagalan tersebut. Namun Nurdin menolak kalau dia kemudian diminta turun dari jabatan ketua umum PSSI.

"Tidak. Untuk mundur tidak karena tidak ada hubungannya. Karena mundur atau tidaknya itu tergantung hasil pemilihan saat konggres nanti (2011). Berapa persen sih rakyat Indonesia yang ingin saya mundur?" ujar Nurdin kepada wartawan saat konpres di Kantor PSSI, Senayan, Jumat (8/1/2010).

Kegagalan Indonesia lolos ke Piala Asia 2011 menjadi lanjutan dari serangkaian hasil buruk lain yang diterima Pasukan Merah Putih. Bulan lalu timnas Indonesia terpuruk di SEA Games 2009 dengan gagal lolos dari fase grup.

Tapi saat ditanya wartawan soal masalah apa yang sebenarnya menghinggapi sepakbola Indonesia sehingga sulit sekali berprestasi, Nurdin malah balik bertanya.

"Tolong jangan tanya saya kenapa timnas kalah terus. Tapi kasih tahu saya bagaimana cara timnas menang."

"Kita sih ingin juara SEA Games dan Juara AFF tapi gagal, karakter main tempo tinggi dan cepat fisiknya tidak mendukung. Membangun fisik dari kompetisi tapi kompetisi tidak bisa membentuk fisik pemain dengan baik," pungkas Nurdin.

0 komentar: