JAWABAN UAS KONSEP TEKNOLOGI ( TAKE HOME TEST )

TEKNIK INDUSTRI

Rifky firmansyah
122080129

perbedaan generalis, spesialis dan versatilis

1. Generalis
Arti kata generalis adalah ge•ne•ra•lis /géneralis/ orang yg keterampilan atau minatnya mencakupi beberapa bidang yg berbeda. Hal positif untuk yang generalis, mereka sangat open-minded, mengikuti perkembangan terbaru dan tidak pernah ketinggalan informasi untuk semua berita. kalo ngobrol selalu nyambung lah. Hal negatif dari para generalis ini adalah, membosankan ketika berbicara tentang satu hal karena dia akan mengulangi/memaparkan pikiran2 yang sama berulang-ulang (akibat tidak menguasai secara mendalam). Generalis adalah orang yang banyak menguasai ilmu tapi tidak dalam, artinya orang itu ngerti ini ngerti itu, tapi hanya pada permukaannya saja.

2. Spesialis

Orang yang spesialis adalah orang hanya memahami satu ilmu pengetahuan saja tapi secara sangat mendalam! Hal positif untuk orang yang spesialis adalah ketika mereka terus menekuni secara konsisten dan persisten pada bidangnya selama tahunan. Maka mereka akan bisa menyingkap hal yang orang lain belum ketahui sebelumnya. selain itu hal menyenangkan lainnya dari seorang spesialis adalah dia bisa jadi narasumber utama yang dikutip sana-sini untuk bidang tersebut.hal negatif yang sering dirasakan oleh adalah mereka menjadi orang-orang yang tidak openminded, terlalu tertutup dan tidak mengikuti perkembangan dunia luar serta seolah-olah merasa paling hebat.

3. Versatilis
Sifat seorang versatilis adalah fleksibel terhadap teknologi, orientasi utamanya adalah untuk memberikan solusi sesuai requirement (kebutuhan) yang diminta oleh sang customer. Versatilis bukan seorang generalis yang mengenal semua bidang dan teknologi tapi hanya kulitnya (dangkal). Versatilis tidak terlahir tiba-tiba, tapi karena pengalaman matang menjadi seorang spesialis. Versatilis juga bukan spesialis yang hanya mengerti cakupan bidang yang sempit, meskipun dalam. Versatilis adalah seorang spesialis yang berpikir lebih luas, berwawasan, matang, penuh perhitungan, mengerti tentang bisnis, orientasi kerja untuk memberi solusi, mampu bekerjasama (membangun networking) dengan orang-orang TI lain maupun non TI, dan yang pasti tidak mengkotakkan dirinya pada sebuah teknologi.


Menurut saya sebagai calon Sarjana Teknik Industri, yang lebih baik yaitu:

Secara pribadi saya, saya akan berusaha semampu mungkin untuk menjadi seorang versatilis. Dimana orientasi utama atau goal settingnya adalah memberikan solusi sesuai kebutuhan yang diminta oleh customer. Tidak hanya sebatas mejadi seorang spesialis.Dan sebagai sarjana teknik, saya juga di haruskan bisa berpikir dan berwawasan luas. Sehingga bisa memberi solusi dalam memecah kan masalah yang di hadapi. selain itu seorang versatilis mampu dalam membangun kerjasama untuk melakukan suatu pekerjaan yang melibatkan beberapa orang dalam satu kelompok kerja. Sehingga hasil dalam melakukan pekerjaan tersebut akan mendapatkan hasil yang maksimal. Seorang versatilis juga mampu mengerjakan berbagai macam pekerjaan. Maka seorang versatilis juga akan mudah mendapatkan suatu pekerjaan di sebuah perusahaan, karena seorang versatilis mempunyai kemampuan khusus dan wawasan yang luas.

0 komentar: